Review Novel The Dead Returns - Akiyoshi Rikako

 

(Dokumentasi Pribadi)

Sinopsis Novel The Dead Returns

Suatu malam,

Aku didorong jatuh dari tebing

Untungnya aku selamat/

Namun, saat aku membuka mataku

Dan menatap cermin,

Aku tidak lagi memandang diriku yang biasa-biasa saja.

Tubuhku berganti dengan sosok pemuda tampan yang tadinya hendak menolongku.

Dengn tubuh baruku aku bertekad mencari pembunuhku.

Tersangkanya, teman sekelas.

Total, 35 orang.

                                                  Salah satunya adalah pembunuhku.

~~~**~~~

Judul : The Dead Returns

Penulis : Akiyoshi Rikako

Penerbit, tahun terbit : Penerbit Haru, 2022

Jenis Buku : Novel, J-Lit

Genre : Misteri, psikologi

Tebal buku : 248 halaman, 19 cm

 

 

Sejak baca novel Akiyoshi Rikako yang Scheduled Suicide Day, jadi ketagihan baca novel-novel beliau yang lainnya. Cerita-ceritanya bikin nagih untuk dibaca, sekali baca susah berhenti. Akiyoshi sensei memang jago membuat cerita misteri-psikologi yang ringan tapi nggak membosankan. Itulah yang membuatku jadi penasaran dengan novel Akiyoshi sensei yang lain. Ternyata novel-novelnya seru untuk dibaca! Salah satunya adalah The Dead Returns. Sejak kepo dengan karya-karya Akiyoshi sensei, cover dari novel The Dead Returns menurutku menarik dan unik. Lihat saja, ada tubuh berseragam SMA khas Jepang yang sedang membawa foto dalam bingkai untuk upacara kematian, dengan wajah yang berada di foto terlihat misterius. Oh ya, tubuhnya tanpa kepala, diganti dengan bunga lili putih. Blurb-nya menarik, serasa digoda untuk beli dan baca novelnya. Akhirnya aku memutuskan untuk beli.

Saat membaca ceritanya, kita akan diajak oleh si tokoh utama yaitu Koyama Nobuo mencari pelaku pembunuhannya. Loh, bagaimana bisa korban pembunuhan mencari pelaku pembunuhannya? Ya karena Koyama Nobuo terjebak dalam tubuh orang lain, Takahashi Shinji. Mereka berdua adalah dua orang yang sangat berbeda dari segi kehidupan hingga fisik. Apa yang terjadi hingga Koyama terjebak dalam tubuh Takahashi? Semua itu akan dikupas perlahan bersama dengan petualangan Koyama selama mencari pelaku pembunuhnya.

The Dead Returns memberikan kesan menyenangkan ala novel school-life sekaligus bumbu misteri yang kental dalam ceritanya. Perjalanan Koyama Nobuo dalam mencari pelaku pembunuhannya diiringi dengan berbagai fakta yang baru ia ketahui mengenai teman-temannya, sebab selama menjadi orang lain (karena terjebak di tubuh Takahashi) Koyama menjadi lebih leluasa untuk bertanya serta memperhatikan teman sekelasnya. Semua itu terkadang membuat Koyama merasa miris sebab Takahashi yang memiliki fisik menawan mudah diajak bicara oleh teman-teman sekelasnya. Berbeda dengan Koyama asli yang cenderung pendiam, menjadi bayang-bayang di kelasnya. Awalnya aku pas baca, menebak si Koyama ini menjadi korban bully teman-teman sekelasnya. Ternyata… setelah mengikuti penyelidikan Koyama dalam tubuh Takahashi, semuanya terungkap!

Saat menjadi Takahashi, Koyama juga mencoba kembali ke rumahnya. Diam-diam memperhatikan ibunya yang kemudian membuatnya sedih. Tapi semua itu akan berbalik dengan sebuah fakta yang akan mengejutkan Koyama dan juga pembaca. Ya, ada misteri lain tak hanya mengenai ‘kematian’ Koyama Nobuo saja. Fakta inilah yang akan menjadi plot-twist dari keseluruhan cerita. Fakta yang akan membuat pembaca merinding sekaligus menganga. Akiyohsi sensei hebat dalam menjahit cerita hingga setiap misteri juga clue-clue nya disebar dengan rapih. Tanpa sadar, pembaca sesungguhnya sudah disuguhi faktanya sejak awal namun tidak disadari karena kita diajak menyelami cerita dalam sudut pandang Koyama.

Novel ini begitu menyenangkan untuk dibaca hingga dalam sehari sudah habis kubaca. Misterinya ringan, cerita keseharian anak sekolahan yang disisipi cinta monyet membuat semakin seru untuk dibaca. Tidak ada teori-teori yang memusingkan untuk dibaca jadi mungkin pembaca lain juga akan habis membaca novel ini dalam sekali duduk. The Dead Returns recommended untuk kalian baca! 8/10 dari aku. 




Komentar

Postingan Populer