Apakah MSG Boleh digunakan?



          MSG adalah singkatan dari monosodium glutamat. Apa itu? intinya MSG adlah garam dari glutamat. Sedangkan glutamat sendiri adalahasam aminoyang dapat ditemukan di banyak makanan. Seperti keju, daging, ikan ataupun sayur. Di masa lalu MSG dibuat dari rumput laut, kalau sekarang, MSG dibuat dari gula tebu dan kol.




          Pada 1909, perusahaan Ajinomoto di Jepang membentuk MSG menjadi butiran kristal kecil supaya dapat digunakan dengan mudah dan cepat. MSG ini laris manis. Apabila masakan dicampuri MSG, maka munculah rasa baru, yaitu umami atau gurih.

          Ada yang tahu? Dulu MSG sempat heboh dibicarakan orang seluruh dunia. Pad atahun 1968, Robert Ho Man Kwok menulis sebuah surat ke majalah kesehatandi Ingris. Surat itu menceritakan, kalau ia jadi sakit karena masakan Cina. Konon, masakan Cina diberi MSG agar lezat. Penyakit itu pun diberi nama Chinese Restaurant Syndrome atau CRS. Akibatnya, banyak orang takut makan masakan yang mengandung MSG. Bahkan ada yang mengatakan kalau MSG bisa menyebabkan otak kita terserang penyakit. Namun WHO menyatakan; seseorang bisa terkena CRS kalau makan masakan yang mengandung MSG lebih dari 5 gram dalam satu hari.

          Tubuh kita tidak membedakan glutamat yang alami dan yang berasal dari MSG. Glutamat yang masuk dalam tubuh akan diubah menjadi energi. Jumlah glutamat yang masuk ke darah kita sedikit sekali.




Komentar

Postingan Populer