Uniknya Burung Merak



Semua orang pasti tahu burung merak. Yap, burung merak jantan memiliki ekor yang sangat indah saat mereka membukanya. Seperti kipas, sangat cantik! Bulu-bulu di ekor burung merak jantan, sangat indah ini digunakan untuk menarik perhatian sang betina.

Ada yang tahu? Corak pada bulu ekor burung merak seperti mata! Diperkirakan ‘mata’ di ekor burung merakada 150 sampai 200. Corak itu berwarna-warni dan indah.


Saat sedang menjuntai, ekor burung merak mirpi dengan ekor gaun pengantin yang menyapu lantai. Panjang bulu ekor burung merak ini melebihi panjang tubuh merak. Panjang tubuh burung merak sekitar 90 cm sampai 130 cm, sedangkan bulu ekornya 180 cm. Bulu ekornya yang panjang itu, membuat merak menajdi salah satu burung terbang terbesar.

Warna-warni pada bulu ekor burung merak ini ridak berasal dari zat warna atau pigmen. Warna-warninya berasal ari kristal-kristal fotonik. Dalam sehelai burung merak terdapat tulang bulu dan serat bulu. Serat bulu disebut barb. Lalu pada barb terdapat rambut-rambut mikro yang disebut barbula. Nah, barbula itulah yang menyebabkan bulu ekor burng merak menjadi berwarna-warni, karena disana tersusun batang-batang kristal fotonik.

Susunan kristal fotonik itu sangat istemewa. Cahaya yang terpantul dari susunan kristal itu menjadi warna-warni yang indah.



Fakta Burung Merak :
-        Ada tiga spesies burung merak di dunia
-        Spesies merak di Indonesia adalah, merak hijau atau Pavo muticus
-        Suka memakan kelopak bunga dan daun
-        Juga suka makan hewan-hewan kecil, misalnya laba-laba

-        Dapat bertahan hidup hingga sekitar 20 tahun

Komentar

Postingan Populer