Kampung Warna-Warni


            Kampung nelayan satu ini sangat unik. Berbeda dengan kampung-kampung nelayan lainnya.
          Kampung nelayan ini ada di sebuah pulau di sebelah utara Venesia, Italia. Namanya Pulau Burano. Sebelum masuk ke pulau ini,dari jauh kita bisa melihat deretan bangunan warna-warni. Inilah ciri khas Burano. Keunikannya ini membuat Burano. Keunikannya ini membuat Burano jadi tempat tujuan wisata di italia. Burano sebeanrnya merupakan kampung nelayan biasa. Sebagian besar penduduknya bekerja sebagai nelayan. Tetapi, kenapa rumah-rumah di sana dicat warna-warni? Menurut warga setempat, rumah mereka dicat warna-warni agar nelayan mudah melihat kampungnya, saat berada di laut.
          Ternyata, ada cerita di balik nama Burano ini. konon, Burano diambil dari nama “Buriana”. Buriana itu nama keluarga yang pertama kali tinggal di sini. Tetapi, ada juga yang mengatakan Burano itu berasal dari kata “Buranello”. “Buranello” itu adalah dama pulau asal para penduduk pertama pulau ini.



          Mata pencaharian utama penduduk ini adalah nelayan. Setiap hari, para bapak pergi melaut. Di sana memang banyak ikan yang di jual, karena itu banyak wisatawam hampir selalu menyempatkan maka ikan di sana.
          Sementara para bapak di sana melaut, para ibu punya kegiatan sendiri. Kegiatan ibu-ibu Burano ini sudah dilakukan sejak zaman dulu. Ibu-ibu di Burano dikenal sebagai perajin rajutan. Rajutan Burano sudah dikenal di seluruh dunia. Di sana, kita bisa dengan mudah menemukan toko sovenir rajutan. Rajutannya ada yang dijadikan taplak meja, sapu tangan, pakaian dan lain-lain.
          Kalau mau melihat proses pembuatan rajutan, di sana ada museumnya. Namanya Museo del Merletto. Di sana pengunjung bisa melihat aneka rajutan dan proses pembuatan rajutan sejak zaman dulu.
           


Komentar

Postingan Populer