Mengapa Kita Sering Menyanyikan Lagu yang Sebenarnya Ingin Kita Lupakan?

Pernah mendengarkan lagu yang tidak kita suka? Apakah kalian mengalami, bukan melupakan lagu itu, kita malah sering menyenandungkannya tanpasadar?
          Mengapa sebuah lagu bisa terekam di kepala dan kemudian tanpa sadar kita menyenandungkannya? Menurut para ahli yang meneliti maslah ini, kondisi ini disebut earworms (atau ohmwurms dalam bahasa Jerman). kondisi ini bukan berarti ada parasit yang masuk dalam telinga. Maksudnya, kondisi ketika sebuah lagu terjebak di kepala sesorang hingga menyebabkan cognitive itch atau brain itch, yaitu suatu kebutuhan mengisi celah dalam otak dengan irama lagu.
          Ketika kita mendengarkan sebuha lagu, aktivitas itu akan memicu bagian otak kita, yang disebut auditory cortex (korteks pendengaran). Ketika sebuah lagu terdnegar dan kita menyimaknya—sengaja atau tidak— secara ototmatis otak kita akan terisis lagu tersebut dan otak kita kan terus bernyanyi hingga lagu itu berkahir. Semakin sering lagi itu terdengar maka lagu itupun akan berulang-ulang diputar dakam pikiran kita. Akhirnya, lagu itu akan terjebak dalam kepala dan tanpa disdari akan sering menyenandungkannya.
          Masalahnya, semakin kita berusha melupakannya, yang terjadi justru sebaliknya, lagu itu sulit dilupakan. Akibatnya, kita pun sering tanpa sadar menyenandungkannnya dan kemudian heran mendapati lagu itu yang keluar segai senandung kita.        
          Para ahli menyatakan bahwa earwarms adlah salah satu cara tubuh kita untuk menjaga agrar otak kita tetap sibuk. Kondisi itu juga terkenal dengan nama repetunitis.
          James Kellaris dari University of Cicianati College yang juga pernah melakukan penelitian tentang earworms, menyatakan bahwa kaum perempuan, musisi, orang yang memiliki gangguan syaraf, serta ornag yang lelah dan stres adalah kelompk orang paling rentan terkena earworms.
          Umumnya, lagu dengan melodi sederhana, ceria dan menarik cenderung lebih mudah terjebak dalam kepala seseorang. Berdasarkan penelitian, sekitar 74 persen orang terjebak sebuah lirik lagu, skeitar 15 [ersen terjebak jingle iklan, dan 11 persen terjebak musik instrumentalia.
          Sebagian besar earworms akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika lagu tersebut sudah sangat mengganggu pikiran seseorang, ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk menghilnagkannya dari kepala, misalnya menyanyikan lagu lain dan melakukannya sering-sering. Selain itu , dengarkan banyak lagu agar kepala kiat mulai merekam lagu lain yang mungkin kita sukai. Lebih bagus lagi, sibukkan diri dengan aktivitas sehingga kta tak punya kesempatan untuk menyanyikan lagu yang sebenarnya ingin kita lupakan.

Fakta seru!!:
-          Michael Jackson menciptakan lagu Billie Jean hanya dalam waktu 3 menit ketika dia sedang dalam perjalanan
-          Sebanyak 75 persen pengendara mobil ikut menyanyikan lagu yang diputar di audia mobilnya

-          Lagu Across teh Universe milik The Beatles adalh lagu pertama yang dipancarkan ke luar angkasa.

Komentar

Postingan Populer