Salar de Uyuni, Padang Garam Terluas di Dunia!


        Tempat ini sangat luas dan..... asin..! kalau datang ke tempat ini setelah hujan, akan terlihat pemandangan menakjubkan. Tempat ini akan berubah menjadi cermin raksasa, langit dan bumi seperti menyatu. Yap, tempat ini adalah Salar de Uyuni.
          Tempat ini berada di Bolivia. Dataran ini diberi nama Salar de Uyuni, merupakan padang atau gurun garam terluas di dunia. Luasnya sekitar 10.582 kilometer persegi.



          Salar de Uyuni terletak di Departemen Potosi dan Oruro, bagian tenggara Bolivia, Amerika Selatan. Pepatah mengatakan “asam di gunung, garam di laut” sepertinya tidak berlaku di tempat ini. sebab, dataran garam ini jsutru berada did ekat puncak pegunungan Andes.
Kenapa bisa, ada dataran garam di ketinggian? Menurut para ahli, sekitar 40.000 tahun lalu, Salar de Uyuni merupakan bagian dari danau besar. Damau itu bernama Michin. Suatu ketika, danau besar itu mengering. Danau itu lalu menyusut menjadi dua danau yang lebih kecil dan dua gurun garam. Salah satunya, Salar de Uyuni.
          Karena keunikannya, Salar de Uyuni menjadi salah satu tempat wisata terkenal. Selain itu, tempat ini kaya akan harta karun alam.
          Bayangkan saja, ada sekitar 10 miliar ton garam dan 9 juta lithium di dataran ini! Lithium adalah bahan baku pembuatan baterai. Jadi, tidak ada makanan yang kurang asin di sini.

          Salar de Uyuni juga merupakan habitat dari burung flamingo Chilli, Andes dan James. Hanya ada kaktus yang bisa hidup di Salar de Uyuni.

Komentar

Postingan Populer