Ayo, Budayakan Membaca!

Buku adalah jendela dunia. Kita sering mendengarnya saat sekolah bahkan sampai lulus sekolah. Untuk beberapa orang, membaca terasa membosankan, apalagi buku yang dibaca hanya berupa tulisan-tulisan tanpa gambar.
          Ya, membaca memang masih belum menjadi budaya di Indonesia, karena minat baca masyarakat yang rendah. Selain kesadaran masyarakat yang kurang, buku yang dibaca pun tidak sebarkan merata di Indonesia. Di pelosok negeri ini, masih banyak sekolah-sekolah yang memerlukan buku sumbangan dari pemerintah untuk sarana belajar dan membaca.
          Kita bisa mencontoh negara-negara di Asia seperti Jepang, dan Korea Selatan. Di sana,  membaca buku ataupun koran saat ada di kendaraan umum adalah hal biasa. Mereka mengisi waktu luang dengan membaca. Sedangkan di Indonesia, hal ini masih jarang terjadi.
          Sekarang ini, teknologi sedang maju dengan pesat. Buku-buku tidak hanya sekedar tulisan membosankan. Tetapi juga disertakan ilustrasi menarik sesuai isi buku. Selain itu, sumber bacaan tidak hanya dari buku. Dengan mengakses internet, kita membaca banyak pengetahuan dari website dan blog yang ada.
          Sumber bacaan yang banyak, mulai dari buku hingga internet membuat kita harus selektif untuk apa yang kita baca. Jadi, ayo budayakan membaca!

          

Komentar

Postingan Populer