Rusaknya Moral Anak Karena Tayangan TV.

Sekarang ini, perkembangan teknologi maju dengan sangat pesat. Termasuk perkembangan tayangan-tayangan di TV. Ya, sekarang ini banyak sekali saluran-saluran televisi baru dan tayangan-tayangan TV baru. Mungkin, untuk masyarakat luas, hal ini wajar karena stasiun-stasiun Tv sedang berlomba mendapatkan rating dari penontonnya.
          Pertanyaannya, apakah semua tayangan Tv itu bisa ditonton semua umur? Nyatanya, hampir semua tayangan-tayangan Tv Indonesia tidaklah baik untuk moral anak bangsa. Terlalu banyak sinetron-sinetron yang tidak bisa di logika, terlalu fiktif, dan tidak mengandung pesan moral yang baik. Kata-kata yang digunakan dalam dialognya pun tidak patut ditiru. Jam tayangnya yang merupakan jam menonton Tv anak, membuat banyak anak di Indonesia menonton tayangan Tv yang tidak seharusnya di tonton. Hal ini menyebabkan banyak anak-anak kecil meniru sikap dan perilaku tokoh sinetron dan acara-acara Tv, dengan kata-kata kasar dan sering membuat orang tuanya bertanya-tanya. Dari mana belajar kata-kata kasar itu?
          Mungkin di beberapa stasiun TV memang masih menayangkan kartun anak, walau jamnya sangat sedikit dan lebih banyak menayangkan sinetron maupun acara Tv. Namun Indonesia harusnya lebih selektif  dalam menayangkan acara TV, film, sinetron, dll untuk di tonton masyarakat luas.  Moral anak-anak di Indonesia sekarang ini sedang dalam bahaya.
          Masalahnya bukan hanya pada stasiun TV yang menayangkan acara atau sinetron tersebut. Tetapi juga pada pengawasan orang tua yang longgar terhadap anak yang sedang menonton TV. Anak kecil, umumnya mudah sekali meniru pada kejadian maupun perilaku orang disekitarnya. Jiak pengawasan orang tua terhadap tontonan si anak longgar atau bahkan sama seklai tidak ada, ini bisa merusak moral si anak.
          Untuk mencegahnya, sebaiknya anak harus dibimbing dan diawasi saat menonton TV. Dan dibiasakan menonton acara TV yang cenderung edukatif dan mengajarkan moral yang baik. Masih ada kok tayangan TV di Indonesia yang baik dan sehat untuk di tonton.
          Selain itu, untuk stasiun-stasiun TV yang ada di Indonesia harusnya lebih kreatif salam menyajikan acaranya. Kreatif bukan hanya dalam bentuk membuat orang tertawa dengan guyonan yang tidak wajar, ataupun bertingkah konyol. Tayangan TV bisa dikemas dalam budaya Indonesia yang beragam, dikreasikan dengan kartun-kartun tokoh wayang yang dimodifikasi lucu. Juga dengan kalimat-kalimat yang dilontarkan sopan, sesuai budaya Indonesia dan moral bangsa Indonesia. Selain itu, jam tayang acara TV maupun sinetron yang hanya bisa ditonton kalangan umur dewasa di tayangkan pada jam-jam anak belajar maupun saat tidur. Ini mengurangi anak-anak menonton tayangan yang merusak moral mereka.
          Moral anak bangsa Indonesia ini harus dilindungi. Karena merekalah yang nantinya meneruskan perjuangan kita dalam mengisi kemerdekaan. Bukankah kita kan malu, jika bangsa-bangsa muda kita bukannya berkarya tetapi malah mengundang masalah? Kesadaran diri dari setiap anak bangsa dan juga orang tua adalah kewajiban, karena semuanya akan baik jika dari diri sendiri.



~
~
~
~


Post and author by: Aura Shava Dhinda Salsabila 

Komentar

Postingan Populer