Mau Menulis Puisi? Ini Tips-tips nya!


Kita pasti pernah mengalami kejadian-kejadian yang menarik dalam hidup ini. Kejadian-kejadian itu sebenarnya dapat kita ungkapkan dalam karya sastra contohnya puisi. Berikut tips membuat puisi berdasarkan pengalaman pribadi,
1.    Tentukan dulu, pengalaman menarik apa yang akan di tulis untuk dijadikan tema dalam puisi. Galilah pengalman-pengalaman hidup paling menarik.
2.    Tuliskanlah pengalaman-pengalaman itu dalam baris-baris dengan penggunaan kata yang tepat dan padat. Untuk menciptakan puisi dengan bahasa yang indah, perluaslah perbendaharaan kata mu.
3.    Pilihlah kata-kata yangf menggambarkan makna kias ataiu konotatof yang bisa menjadi simbol dari tema puisi tersebut.
4.    Berlatihlah menulis puisi, jangan lupa untuk sering membaca karya-karya penulis lain. Tetapi jangan lupa juga, ciptakan gaya bahasa sendiri dalam menulis puisi.
5.    Beranikan untuk mempublikasikan puisimu di majalah, koran atau mading sekolah.

Menulis puisi akan melatih kita dalam mengekspresikan diri dari ide. Semakin sering kita menulis, semakin indah bahasa yang kita pakai. Dalami dan rasakan pengalaman yang akan di tulis. Puisi yang indah adalah puisi yang menyentuh hati pembacanya, hingga membawa emosi pembaca. Semoga bermanfaat...!






Post and author by: Aura Shava Dhinda Salsabila

Komentar

Postingan Populer